Hari 11 : Pelatihan School Flora dan Kegiatan Peserta KKN PPM Lainya

Kegiatan KKN PPM Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) tahun 2015 yang bertempat di Desa Selopuro, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang kali ini cukup sibuk. Kesibukan itu terlihat dari aktifitas kegiatan masing-masing kelompok KKN PPM. Seperti yang telah di ulas sebelum-sebelumnya bahwa KKN PPM terdiri dari 6 kelompok yang terbagi dalam 5 Dusun, yaitu Dusun Ngadangan, Dusun Tulis, Dusun Gepuro, Dusun Topar dan Dusun Klindon. Laporan kegiatan kali ini mengambil setting waktu hari sabtu, tanggal 15 Agustus 2015 mengenai kegiatan masing-masing kelompok di setiap dusun di mana mereka di tempatkan.

Pertama kami mengulas kegiatan dari kelompok 1 yang mendapat lokasi di Dusun Ngadangan. Program School Flora pada SDN 2 Selopuro di mulai pukul 7 pagi. Sehingga persiapan di lakukan mulai pukul 6.30 pagi. School Flora merupakan program yang sasarannya adalah anak-anak kelas 3 dan 4 SD untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan dengan bertanam, media yang di gunakan adalah plastik polybag, pupuk, tanah, dan lain-lain. Kegiatan berlangsung 2 sesi, sesi pertama materi dan sesi kedua adalah praktikum penanaman jenis-jenis bibit sayuran pada polybag. Selesainya School Flora pada SDN 2 Selopuro, berlanjut pada School Flora di SDN 1 Selopuro. Kegiatan School Flora dapat selesai sesuai dengan estimasi waktu kegiatan yang di rencanakan, yaitu sekitar pukul 12 siang. Kegiatan selanjutnya dari kelompok 1 setelah School Flora adalah kegiatan rutinan ikut serta dalam mengajar TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) “Nurul Hidayah” di Dusun Ngadangan. Kegiatan TPQ di Dusun Ngadangan berlangsung dari jam 2 siang sampai jam 4 sore, di lanjutkan sholat ashar berjamaah. Setelah mengajar TPQ, kelompok 1 mempunyai agenda untuk mengisi acara ibu PKK Dusun Ngadangan RT. 1 – 4, RW. 5. Kegiatan ibu-ibu PKK yang biasanya hanya datang untuk membayar arisan lalu pulang, pada kesempatan kali ini mereka (ibu-ibu PKK) tetap tinggal di tempat ibu Tatik (Ketua Ibu PKK Dusun Ngadangan RT. 1 – 4, RW. 5) untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Pembuatan Kompos Tatakura dari kelompok 1, serta di selingi kegiatan dari kelompok 6 tentang Pemanfaatan Kain Perca menjadi bahan berguna berupa bros dan kain keset.
 
Kegiatan School Flora dan Kompos Tatakura Kelompok 1
Kelompok 2 merupakan bagian dari tim KKN PPM Unimus yang mendapat Tugas mengabdi di Desa Selopuro, Dusun Tulis. Mempertimbangkan hasil survey lokasi menjelang KKN menunjukan data bahwa Dusun Tulis merupakan wilayah yang paling luas dan paling banyak penduduknya di Desa Selopuro, sehingga di putuskan bahwa Dusun Tulis akan di pegang oleh 2 tim atau kelompok. Kelompok 2 mendapat tugas mengabdi di Dusun Tulis bersama dengan kelompok 6. Oleh karena itu beberapa kegiatan dari kelompok 2 dan 6 sebagian besar sama, sehingga sering bersama-sama. Salah satunya kegiatan pada hari ini yang bertepatan dengan akan di adakannya acara Sedekah Bumi (Kabumi) di Dusun Tulis, sehingga sepanjang hari ini kelompok 2 dan 6 sibuk bersama Karang Taruna Dusun Tulis dan warga sekitar untuk bersama-sama mempersiapkan Perayaan Kabumi. Acara yang di siapkan guna merayakan Kabumi Dusun Tulis berupa Dangdut dan Ketoprak.
Persiapan untuk Sedekah Bumi di Dukuh Tulis
Lalu ada kelompok 3 yang menkoordinir Dusun Klindon. Kegiatan atau program yang di canangkan dari kelompok 3 tergolong kegiatan besar, yaitu perayaan guna menyambut 17 Agustus. Mengingat Mahasiswa KKN yang statusnya hanya tamu, maka terkait segala program kegiatan dari kelompok 3 harus mendapat ijin dari pihak yang berwenang, dalam hal ini Kepala Dusun Klindon yaitu bapak Pardam, sehingga kelompok 3 mengawali kegiatan mereka dengan mengurus perijinan sekaligus bertukar pikiran kepada Bapak Pardam mengenai rencana kegiatan 17 Agustus di Dusun Klindon. Setelah di dapatkan hasil matang dari kegiatan 17-an nantinya seperti apa, maka sesegera mungkin kelompok 3 mempersiapkan bahan dan peralatan Perayaan 17-an pada siang harinya sekitar jam 1 siang untuk berbelanja bahan dan peralatan yang di butuhkan. Tidak berhenti di sana, setelah lelah mencari bahan untuk lomba 17-an kelompok 3 langsung menuju ke Karang Taruna Dusun Klindon untuk melakukan koordinasi terkait lomba 17 Agustusan di Dusun Klindon. Kesibukan kelompok 3 berlanjut di sore hari dengan aktifitas bimbel (bimbingan belajar) yang di mulai pukul 4 sore. Kalau biasanya kelompok atau dusun lain jam 4 sore melakukan kegiatan pengajaran di TPQ, maka lain halnya dengan kelompok 3 yang justru mengambil jam TPQ setelah sholat maghrib dan jam 4 sore di alokasikan untuk jam bimbel.

Tidak kalah dari kegiatan kelompok 1, 2, 3, dan 6, kelompok 4 juga memiliki kesibukan tersendiri pada sabtu ini. Kelompok 4 merupakan bagian dari tim KKN PPM Unimus yang bertugas di Dusun Topar. Kegiatan awal di sabtu ini dari kelompok 4 adalah ikut bergabung dengan kelompok 1 ketika mengisi atau menjalankan Program School Flora di SDN 1 Selopuro. Sekedar informasi, bahwa kelompok 4 memiliki sejumlah kegiatan di SDN 1 Selopuro, sehingga keberadaan mereka merupakan bagian dari SDN 1 Selopuro. Maka kegiatan School Flora oleh kelompok 1 di SDN 1 Selopuro ikut di kawal atau di hadiri dari kelompok 4. Seusai kegiatan School Flora, siang harinya kelompok 4 bersama para warga topar melaksanakan acara Kabumi yang bertempat di Balai Dusun Topar dan Wet Gedhe. Keikutsertaan kelompok 4 bersama dengan warga topar melaksanakan Kabumi juga menunjukan bahwa kelompok 4 sudah di anggap bagian dari warga desa selopuro, terkhusus warga dusun topar. Kabumi Dusun Topar sendiri langsung di hadiri oleh Kadus (Kepala Dusun) Topar yaitu Bapak Suyanto. Jika kelompok 2 dan 6 mempersiapkan acara untuk menyambut Kabumi Dusun Tulis, maka kelompok 4 justru sudah ikut untuk melaksanakan prosesi Kabumi di Dusun Topar.
    
Upacara Tirakatan Sedekah Bumi di Dukuh Topar
Selanjutnya ada kelompok 5 yang bertugas di Dusun Gepuro. Sabtu pagi kelompok 5 sudah beraktifitas di Posyandu untuk ikut berpartisipasi dalam pelayanan kesehatan bagi anak-anak di Dusun Gepuro. Posyandu di Dusun Gepuro bertempat di rumah Ibu Kadus Gepuro. Kegiatan kelompok 5 di Posyandu meliputi imunisasi, penimbangan berat badan, dan lain sebagainya. Bisa ikut bergabung dalam kegiatan tersebut mempunyai nilai tersendiri bagi kelompok 5, karena mereka dapat sekaligus bersilaturahmi kepada warga gepuro dan mensosialisasikan kegiatan-kegiatan Mahasiswa KKN PPM Unimus. Bertempat di sebuah masjid, kegiatan mengajar TPQ juga di lakukan oleh kelompok 5 di Dusun Gepuro mulai pukul 13.30 WIB. Meskipun islam bukan mayoritas di Dusun Gepuro, namun antusiasme mereka (anak-anak) untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di TPQ tetap tinggi.

 
Kegiatan Kelompok 5 di Posyandu
Selain kegiatan perkelompok di masing-masing dusun, Mahasiswa KKN PPM Unimus juga memiliki agenda yang di lakukan secara bersama-sama. Salah satu kegiatan yang di lakukan secara bersama-sama adalah Rapat Koordinasi dan Evaluasi yang kali ini di adakan bertempat Balai Desa Selopuro setelah sholat isya’ sampai jam 10 malam. Rapat Koordinasi dan Evaluasi di  harapkan untuk dapat di hadiri oleh semua Mahasiswa KKN PPM Unimus. Selesai dari Rapat Koordinasi dan Evaluasi, rekan-rekan Mahasiswa KKN PPM Unimus menghadiri Ketoprak dalam rangka Kabumi Dusun Tulis.
Rapat Koordinasi dan Evaluasi Mahasiswa KKN PPM Unimus

0 Response to "Hari 11 : Pelatihan School Flora dan Kegiatan Peserta KKN PPM Lainya"

Posting Komentar