Perayaan Sedekah bumi di dusun Tulis

Perayaan sedekah bumi di dukuh Tulis di Desa Selopuro yaitu perayaan yang dilakukan setiap Tahun dimana sedekah bumi tersebut syukuran desa karena dengan hasil bumi yang dihasilkan dari pertanian dan olahan hasil lainya. Dimana sedekah bumi tersebut tiap dukuh berbeda-beda untuk pelaksanaanya, dimana kami Tim KKN PPM diselopuro ini membantu persiapan untuk perayaan tersebut ditempat perangkat desa yang berada di dukuh tulis, dimana perayaan sedekah bumi di dukuh tulis merayakan dengan menampilkan ketoprak hari sabtu di tanggal 15 Agustus  2015.
Gambar di atas adalah foto seni budaya ketoprak yang di tunjukan untuk merayakan sedekah bumi yang berada di dukuh tulis. 
         Untuk itu kami dari kelompok yang berada di dukuh tulis membantu di perangkat desa, karna perangkat desa inilah yang mempersiapkan semua kebutuhan dari perayaan sedekah bumi tersebut. Dengan peran aktif Tim KKN PPM putri untuk memasak dan membuat makanan khas Rembang, dan sajian khusus makanan budaya yang selalu ada dibuat dalam perayaan sedekah bumi tersebut.

Foto diatas merupakan makanan khas Rembang yaitu Dumeg, makanan yang terbuat dari tepung beras dan diberi pemanis gula putih atau gula jawa merah, untuk tempatnya yaitu dari janur atau pelepah daun kelapa yang muda di buat kerucut seperti terompet itulah ciri khas Dumeg. 
Foto diatas merupakan salah satu kegiatan anggota kelompok tulis untuk membantu mempersiapkan sedekah bumi di dukuh tulis, dimana antusias warga mengajari anak-anak KKN membantu membuat Dumeg sangat baik, warga sangat sabar dan telaten mengajarinya. Dimana cara pembuatan dumeg itu sangat mudah tapi agak sulit juga, karena untuk membuat tempat dumeg tersebut harus telaten dan teliti karena lakaran atau tempat dumeg tersebut tidak boleh bocor, untuk di isi oleh adonan tepung beras tersebut. Rasa dari dumeg tersebut manis kenyal dan empuk rasa dari dumeg dengan ciri khas bentuk kerucut selerti terompet yang terbuat dari janur kelapa. 

0 Response to "Perayaan Sedekah bumi di dusun Tulis"

Posting Komentar