Semangat Kemerdekaan Di Dukuh Gepuro, Selopuro



17 Agustus 2015, hari dimana 70 tahun yang lalu Negara Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Hari kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia yang berpuluh-puluh tahun telah berjuang dengan nyawanya demi bangsa yang dicintai.

Mentari pagi yang bersinar seakan menambah   semangat kami untuk menjalani kegiatan hari ini. Dengan semangat inilah, kami akan menjalankan progam KKN yang telah kami susun untuk memperingati dan memeriahkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia di Dusun Gepuro. Progam kegiatan yang akan kelompok 5 lakukan hari ini adalah kami akan mengadakan lomba bagi anak-anak Dusun Gepuro untuk memperingati acara  17-an. 

Pagi hari pukul 07.30, kami mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk lomba. Banyak teman-teman dari kelompok lain yang datang ke Dusun Gepuro untuk membantu. Tanpa diduga, teman-teman  KKN PPM Unimus pun mempunyai inisiatif untuk mengadakan upacara bendera Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Dusun Gepuro. Maka kami pun segera bergegas untuk berlatih terlebih dahulu.
(kebersamaan kami semua TIM-KKN di Gepuro)
Dengan latihan yang minim dan mendadak, teman-teman KKN PPM Unimus segera memulai upacara bendera yang peserta dan petugas upacaranya adalah teman-teman KKN PPM Unimus dan anak-anak dari Dusun Gepuro. Upacara bendera ini juga dihadiri Bapak Ketua Dusun Gepuro sebagai inspektur upacara. Walaupun ada sedikit hambatan, upacara bendera berjalan dengan baik dan lancar.

Setelah upacara bendera selesai, pukul 10.00 lomba pun kami mulai. Yang diperlombakan adalah balap karung, balap bola, makan kerupuk dan ambil koin. Anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar menjadi peserta lomba tersebut dan peserta lombanya cukup banyak. Antusias dari adik-adik dengan adanya lomba ini pun cukup tinggi. Lomba yang pertama adalah lomba balap balon. Sebagian besar peserta lomba adalah anak-anak kecil usia 4-6 tahun sehingga saat anak-anak kecil mengikuti lomba balon ini mengundang tawa penonton. Lomba yang selanjutnya adalah lomba balap karung, makan kerupuk dan lomba ambil koin. Semua lomba kami buat menjadi 4 putaran dan mencari juara 1,2,3 dari setiap perlombaan. 
(peserta lomba balap karung)
(peserta lomba makan kerupuk)
Lomba pun selesai pada saat adzan dzuhur. Dan setelah sholat dzuhur, kami membagikan hadiah kepada juara 1,2, dan 3 dari setiap perlombaan. Ada kebahagiaan di raut wajah mereka ketika menerima hadiah, walaupun hadiah yang kami berikan tidak seberapa harganya.
Seusai perlombaan untuk anak-anak, dilanjutkan lomba tarik tambang dan panjat pinang. Lomba ini diadakan oleh remaja Dusun Gepuro yang diprakasai oleh Mas Aris selaku ketua karang taruna Dusun Gepuro. Peserta KKN pun ikut berpartisipasi dalam lomba tarik tambang dan panjat pinang. Peserta KKN perempuan mengikuti lomba tarik tambang melawan ibu-ibu dan remaja putri dari Dusun Gepuro. Sedangkan peserta KKN laki-laki melawan remaja putra dalam lomba panjat pinang. Acara yang diadakan teman-teman karang taruna pun tidak kalah meriahnya. Lomba ini menjadi kebahagiaan tersendiri untuk teman-teman KKN karena dengan acara ini kami dapat mempererat tali silaturahmi kami dengan warga Dusun Gepuro yang sangat ramah tamah. 
(partisipasi TIM KKN mengikuti lomba panjat pinang)
 Inilah atmosfir kebahagiaan dan semangat kemerdekaan yang kami rasakan di Dusun Gepuro. Dengan adanya rangkaian acara 17-an ini, semoga kami dapat lebih mencintai dan menghormati bangsa kami, Bangsa Indonesia.  Merdeka !!!!
Posted by Kelompok 5 (C)

0 Response to "Semangat Kemerdekaan Di Dukuh Gepuro, Selopuro"

Posting Komentar