RENOVASI PERPUSTAKAAN = RENOVASI MASA DEPAN

Perpustakaan merupakan tempat untuk mencari ilmu di sekolah selain melalui pertemuan pembelajaran di dalam kelas. Di dalam perpustakaan terdapat ratusan jenis buku yang disimpan serta ada juga berbagai contoh bahan praktikum laboratorium sehingga karena fungsinya yang sangat penting perpustakaan akan selalu ada di setiap instansi-instansi khususnya instansi pendidikan. Tidak lain halnya dengan SDN 1 Selopuro dimana memiliki perpustakaan yang terletak di belakang sekolah berdekatan dengan kantin dan kamar mandi. Perpustakaan di SDN 1 Selopuro cukup luas dengan luas kira-kira 70 m2 selain itu juga memiliki kumpulan buku yang banyak dan cukup lengkap.
Tetapi sangat disayangkan perpustakaan tersebut sangat jauh dari kata terawat ; banyak sarang laba-laba, debu, peralatan berserakan, dll. Dikarenakan hal itulah kemudian Kepala Sekolah SDN 1 Selopuro yaitu Bapak Supriyadi berinisiatif untuk meminta bantuan kepada mahasiswa KKN PPM UNIMUS khususnya tim yang bertugas di Dukuh Topar karena secara wilayah SDN 1 Selopuro masuk ke dalam wilayah Kedukuhan Topar. Jenis bantuan yang diminta yaitu melakukan pembersihan, penataan, dan kelengkapan administrasi di dalam perpustakaan.
Asih membersihkan lantai perpustakaan

Agenda dimulai pada Hari Senin, 10 Agustus 2015 betapa kagetnya kami saat pertama kali melihat kondisi perpustakaan yang menurut kami sangat tidak layak untuk digunakan. Sebagai langkah awal kegiatan yang dilakukan yaitu memindahkan peralatan-peralatan contoh praktikum yang terletak di bagian belakang sehingga akan lebih mudah dibersihkan. Setelah itu dilakukan pemilahan buku-buku berdasarkan jenisnya dan  dilanjutkan dengan penataan .
Anak-anak mengisi daftar pengunjung

Dari proses pembersihan hingga perpustakaan siap digunakan tidak bisa hanya dilakukan dalam waktu 1-2 hari tetapi diperlukan waktu hingga 2 minggu, hal itu dikarenakan banyak agenda lain yang harus dilakukan sehingga mengharuskan tim pandai-pandai membagi waktu. Perpustakaan selesai secara keseluruhan pada Hari Kamis, 20 Agustus 2015 dan pada hari ini pula perpustakaan dibuka bagi siswa siswi SDN 1 Selopuro. Bagi murid yang ingin meminjam buku ataupun hanya sekedar membaca di perpustakaan sudah bisa dimulai papa hari tersebut. Dan sangat membahagiakan bagi tim karena setelah perpustakaan dibuka banyak sekali murid yang antusias untuk membaca buku, suasana perpustakaan yang biasanya sepi sontak berubah menjadi ramai. Hal ini membuat semua anggota Tim KKN khususnya kelompok 4 menjadi sangat bangga karena kerja keras yang selama ini dilakukan seakan terbayar dengan antusias murid-murid yang ingin memakmurkan perpustakaan.
Antusias siswa-siswi SDN 1 Selopuro di perpustakaan


Secara khusus kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk Kepala Sekolah, Guru-guru, pak Bagyo , dan murid-murid SDN 1 Selopuro karena sudah memberikan kepercayaan bagi kami sebagai mahasiswa untuk menjadi bagian dari SDN 1 Selopuro walaupun hanya 2 Minggu. Pengalaman ini akan menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan oleh tim setelah KKN berakhir. Terima Kasih SDN 1 Selopuro !!!
Salah satu murid membaca buku

0 Response to "RENOVASI PERPUSTAKAAN = RENOVASI MASA DEPAN"

Posting Komentar