ASYIKNYAAA TAMBAHAN PELAJARAN DI SDN 1 SELOPURO

Selopuro, 10 Agustus 2015 Kelompok 4 yang terdiri dari Nanda, Alvi, Asih, Ema, dan Bima mulai menjalankan program les mata pelajaran di SDN 1 Selopuro. Setelah beberapa hari sebelumnya melakukan diskusi sekaligus bersilaturahim dengan Kepala Sekolah SDN 1 Selopuro yaitu Bapak Supriyadi akhirnya beliau memberikan izin kepada mahasiswa peserta KKN PPM UNIMUS untuk menjalankan program tersebut.
Program les ini menyasar pada anak-anak kelas 6 SD karena diharapkan dengan adanya tambahan pelajaran atau les akan mampu meningkatkan pemahaman murid terhadap pelajaran khususnya mata pelajaran yang akan diujikan dalam ujian nasional. IPA, matematika, dan Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang diajarkan dimana sistem yang digunakan adalah setiap hari 1 mata pelajaran dengan durasi les selama 80 menit.
Anak-anak kelas 6 SDN 1 Selopuro sedang belajar IPA

Murid-murid sangat bersemangat untuk mengikuti les walaupun waktu yang digunakan adalah jam setelah pulang yaitu sekitar 12.10-13.30 WIB. Les di adakan pada hari Senin – Kamis pada waktu KKN PPM UNIMUS di selenggarakan di Desa Selopuro.
Selama menjalankan les di SDN 1 Selopuro tidak semerta-merta guru atau wali kelas dari kelas 6 menyerahkan seluruhnya kepada mahasiswa tetapi tetap melakukan pengawasan dan memantau kegiatan setiap harinya. Menurut Kepala Sekolah SDN 1 Selopuro sekolah merasa sangat terbantu dengan adanya program les ini mengingat jumlah guru yang mengampu di SD masih sangat terbatas sehingga kurang maksimal dalam proses pembelajaran.

Salah satu murid mengerjakan soal di depan kelas

Dalam pelaksanaannya les dilakukan dengan cara menerangkan tentang pelajaran yang telah dipelajari hari tersebut dan sedikit menyinggung tentang pelajaran yang belum dipelajari terlebih dahulu kemudian memberikan latihan baik secara lisan maupun tertulis sehingga murid lebih memahami materi. Ada sekitar 29 murid yang mengiuti les yang semuanya merupakan siswa kelas 6 dan merupakan teman satu kelas.
Foto perpisahan dengan murid kelas 6 SDN 1 Selopuro

Selama menjalankan program ini ada sedikit kendala yang dihadapai yaitu sikap para siswa yang cenderung suka rame sendiri dan kurang tertib sehingga kami harus sedikit mengeluarkan tenaga ekstra agar pembelajaran tetap berjalan dengan lancar. Rencananya program ini akan dilakukan hingga tanggal 24 Agustus 2015 atau 3 hari sebelum pelaksanaan KKN PPM berakhir.


0 Response to "ASYIKNYAAA TAMBAHAN PELAJARAN DI SDN 1 SELOPURO"

Posting Komentar