Pengetahuan Baru untuk Gepuro ( PENANAMAN HIDROPONIK )


Mentari pagi tanggal 10 Agustus 2015 di desa Gepuro membangunkan kami peserta perempuan KKN PPM UNIMUS di posko perempuan.  Setelah sarapan bersama kami kelompok 5 kami membagi tugas Aang dan Tegar mempersiapkan alat dan bahan untuk pelatihan hidroponik nanti sore. Sedangkan Cerly dan Prisca menuju ke Balai desa untuk melakukan entri data. Sekaligus kami akan mengikuti rapat dengan kepala desa dan perangkat desa untuk membahas persiapan acara peringatan HUT RI ke-70. Hasilnya dari desa Selopuro sendiri untuk memperingati HUT RI ke-70 akan mengdakan tirakatan, dan untuk mahasiswa KKN PPM Unimus akan mengadakan lomba-lomba hiburan di masing-masing dukuh.


Selesai rapat kami sholat dzuhur berjamaah di Masjid Ngadangan , dan kembali  ke posko masing-masing untuk makan siang bersama. Setelah makan siang pukul 13.30 WIB kami mengajar TPQ di masjid Gepuro sampai ashar. Setelah terdengar kumandang adzan Ashar kami dan anak-anak TPQ sholat berjamaah.
            Bakda Ashar kami mempersiapkan peralatan untuk Pelatihan Hidroponik di rumah Pak Suratman (Kepala Dusun Gepuro). Setelah dirasa peralatan dan warga sudah berkumpul. Pukul 16.10 WIB kami memulai Pelatihan Hidroponik di rumah pak Suratman (kepala dusun). Tak disangka para Ibu-ibu dusun Gepuro mempunyai antusiasme yang besar dalam kegiatan ini karena banyak diantara mereka yang belum mengetahui tentang Hidroponik jadi saat kami menyampaikan materi mereka mendengarkan dan beberapa ada yang mengajukan pertanyaan.

Hidroponik adalah salah satu cara menanam tanpa menggunakan media tanah, dalam kesempatan kali ini kami mengajarkan ibu-ibu menanam hidroponik menggunakan media pasir dan serpihan batu bata dengan bibit ada tiga pilihan yaitu bibit sawi, bibit kangkung dan bibit bayam. Alat-alat yang dibutuhkan untuk menanam secara hidroponik adalah :

  • ·         Botol bekas

  • ·         Tali

  • ·         Kain (yang meresap air)

  • ·         Pasir atau sekam atau batu bata

  • ·         Larutan nutrisi (campuran pupuk-pupuk)

  • ·         Pisau dan bibit

Setelah penjelasan materi, ibu-ibu dipersilahkan untuk melakukan praktik secara langsung di halaman rumah pak Suratman dengan dipandu oleh Tim KKN kelompok 5 ( Aang, Tegar, Prisca dan Cerly ).





Banyak ibu-ibu yang langsung mencoba mempraktikan menanam hidroponik, ada yang menanam sawi, kangkung dan bayam. Para ibu-ibu juga diajari cara membuat simpul tali agar botol nantinya dapat dirangkai menjadi 3 tanaman. Pelatihan Hidroponik di Gepuro selesai pukul 17.30 WIB. Lalu kami pulang ke posko untuk makan malam dan dilanjut kembali ke Gepuro untuk Bimbingan Belajar. Namun kami membagi tugas, Aang, Cerly dan Tegar mengajar Bimbel sedangkan Prisca mengikuti rapat kelompok besar untuk membahas acara lomba HUT RI ke-70 dan membahas program-program baru dari masing-masing kelompok.
Rapat selesai pukul 22.30 WIB, karena dirasa sudah larut kami kembali ke posko dan istirahat. Selopuro tunggu pengalaman kami esok hari.....(k5.p)

0 Response to "Pengetahuan Baru untuk Gepuro ( PENANAMAN HIDROPONIK )"

Posting Komentar