PELATIHAN SERVIS RINGAN MOTOR RODA 2 DI DUKUH SEBELAH (GEPURO)

Selopuro, 22 Agustus 2015 kelompok 4 menyelenggarakan salah satu agendanya lagi yaitu pelatihan servis motor. Melihat sekarang ini motor menjadi salah satu alat wajib bagi setiap orang khususnya warga Desa Selopuro sehingga dirasa perlu untuk memberikan ilmu terkait cara memelihara kendaraan yaitu dengan cara penyervisan ringan kendaraan. Sasaran dari kegiatan ini yaitu para remaja karang taruna Dukuh Gepuro. Pemilihan Dukuh Gepuro sebagai tempat dilaksanakannya program ini dikarenakan kondisi masyarakat di Dukuh Gepuro yang sangat berminat dan dirasa lebih membutuhkan pelatihan ini.
Alvi memaparkan materi servis ringan

Pelatihan bertempat di rumah Mas Aris yang merupakan ketua karang taruna di Dukuh Gepuro. Dimulai pada pukul 15.30 WIB kegiatan yang dihadiri oleh 12 orang remaja Gepuro ini dibuka oleh Choirul Alfiani sebagai pemateri utama selain dibantu oleh teman-teman mahasiswa KKN PPM lain yang memiliki basik di Prodi Teknik Mesin seperti Ali, Tegar, Supri, Fandi, dan Luluk. Secara teknis kegiatan mahasiswa hanya sebagai mentor sedangkan remaja-remaja sendiri yang melakukan pengservisan karena dengan praktek secara langsung maka ilmu yang diberikan lebih bisa diingat dibanding hanya diberikan teori.
Karang taruna Dukuh Gepuro mendengarkan materi
Hal-hal yang diajarkan selama pelatihan ini antara lain: cara pembersihan karburator, penggantian oli, pengecekan rem depan belakang, pembersihan kap mesin, dan perawatan rantai. Sedangkan motor yang digunakan sebagai bahan untuk praktek merupakan motor mahasiswa sendiri. Tidak ada masalah yang berarti selama pelaksanaan pelatihan servis ringan ini hanya saja dikarenakan waktu yang sudah mendekati maghrib sehingga peserta maupun mahasiswa merasa seperti dikejar waktu. Kegiatan berakhir pada pukul 17.15 WIB.
Peserta mempraktekkan servis ringan secara langsung


Dari kegiatan ini mahasiswa berharap semua remaja khususnya di Dukuh Gepuro mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan sehingga remaja tidak bergantung oleh adanya bengkel dalam perawatan sepeda motor.
Alvi mementori remaja setempat

0 Response to "PELATIHAN SERVIS RINGAN MOTOR RODA 2 DI DUKUH SEBELAH (GEPURO)"

Posting Komentar