HARI KE 12 : Gebyar Kemeriahan Menyambut Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70 Desa Selopuro


Gebyar Kemeriahan Menyambut Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Selopuro, Lasem (Ahad, 16/08/2015). Alhamdulillah, kegiatan KKN PPM UNIMUS 2015 yang bertempat di Desa Selopuro, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang ini sudah memasuki hari yang ke 12. Kegiatan hari ini, di mulai dengan menunaikan ibadah sholat shubuh berjamaah di Musholla Nurul Hidayah yang letaknya tidak jauh dari posko KKN. Kegiatan sholat shubuh berjamaah dilakukan dengan tertib walaupun peserta sedikit kelelahan karena malam hari sebelumnya para peserta melakuakn rapat koordinasi dan evaluasi besar yang turut di hadiri bersama Bp. Setia iriyanto (Dosen Pembimbing Lapangan) dilanjutkan dengan menonton bareng pagelaran hiburan rakyat Ketoprak yang di adakan oleh masyarakat dukuh Tulis dalam rangka sedekah bumi dan menyambut peringatan HUT RI ke-70.
Menyambut kemerdekaan HUT kemerdekaan, tim KKN PPM UNIMUS 2015 di hari libur ini telah mempersiapkan agenda besar berupa kegiatan-kegiatan yang spektakuler dan menarik. Di antara kegiatan-kegiatan yang direncanakan, ada yang dilaksanakan di masing-masing dukuh serta ada kegiatan yang dilaksanakan secara besar tingkat desa diantaranya bersih desa, lomba tilawah antar TPQ tingkat desa, dan malam tirakatan desa sebagai puncak kegiatan.






Merdeka !!!
Pagi hari kegiatan dimulai dengan persiapan harian semua peserta KKN PPM UNIMUS 2015 sesuai tugas yang telah di koordinasikan, dilanjutkan pelaksanaan kegiatan. Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah “Pelatihan Pemanfaatan dan Peningkatan Produk Limbah Kain Perca” oleh kelompok 6 (Anita, Supriyanto, Nuzul, Ratih, Solekhah, dan Ridwan) di dukuh Klindon. Kegiatan ini di ikuti oleh ibu-ibu dari PKK dan remaja putri. Kegiatan yang dilaksanakan di rumah kepala dusun Klindon ini diikuti dengan antusias oleh para peserta.  Kemudian kelompok 1 (Pristy, Giarti, Intan, Faiz, Ali) melakukan juga merawatan tanaman hasil dari kegiatan school flora di SD N 2 Selopuro. Sedangkan kelompok 2 (Tati, Tyas, Andika, Misbah, Luluk), kelompok 3 (Uswa, Rina, Juwita, Mugni, Fandi), dan kelompok 5 (Cherli, Priska, Wahid, Tegar) saling membantu mempersiapkan lomba tilawah antar TPQ tingkat desa Selopuro dan persiapan lomba peringatan HUT kemerdekaan yang akan dilaksanakan di masing-masing dukuh.

Siang harinya, terlaksana kegiatan lomba tilawah antar TPQ tingkat desa Selopuro yang bertempat di musholla Nurul Hidayah dukuh ngadangan. Lomba tilawah ini diikuti oleh perwakilan santri-santri dari beberapa TPQ yang ada di selopuro dengan 2 kategori lomba yaitu kategori tilawah putra dan putri. 
Selain itu, pada saat bersamaan juga dilaksanakan lomba anak-anak menyambut HUT ploklamasi di 2 dukuh yaitu dukuh Klindon dan dukuh Tulis. Di dukuh Klindon yang lomba dilaksanakan oleh kelompok 3 di halaman kediaman Kadus dengan berbagai lomba diantaranya: lomba goyang balon, memasukkan pensil dalam botol, pentung plastik, panjat pinang anak-anak. 

 kekompakan anak-anak dalam panjat pinang, tanpa kenal lelah tetap bersemangat dalam pelombaan.


 lomba pecah air merupakan lomba yang sangat seru di dukuh tulis.

Sedangkan di dukuh Tulis lomba dilaksanakan dengan sangat meriah di lapangan Olah Raga Tulis dengan beberapa lomba yaitu: lomba balap kaung, pentung plastik, makan krupuk, balap kelereng, serta tarik tambang. Lomba di Tulis ini, di laksanakan dengan kerjasama antara kelompok 2 dan kelompok 6 sebagai kesatuan kelompok di Sub Tulis.
Di tempat lain, kegiatan TPQ tetap dilaksanakan dengan bimbingan kelompok 5 yang dilaksanakan di masjid Jami’ dukuh Gepuro.  Kemudian di SD N 1 Selopuro juga masih dilaksanakan bimbingan belajar akhir pekan dibimbing oleh kelompok 4.
Akhirnya, agenda puncak yang di tunggu-tunggu pun tiba. Pada malam hari dilaksanakan kegiatan Malem Tirakatan yang bertempat di Balai Desa desa Selopuro. Kegiatan ini merupakan kegiatan inti sebagai malam peringatan perjuangan jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah berkorban untuk negara. Kegiatan dihadiri oleh seluruh perangkat pemerintahan yang ada di Desa Selopuro dan masyarakat di desa Selopuro. Pak Sunarno selaku kepala desa berpesan kepada seluruh masyarakat agar senantiasa menjadi warga negara yang tangguh dan semiliki semangat juang yang tinggi dalam menjalani kehidupan mengisi kemerdekaan.
 foto penyerahan tropy yang dilakukan oleh kepala Desa Selopuro kepada para pemenang lomba tilawah.


Di penghujung kegiatan juga dimeriahkan dengan penyerahan tropi dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba tilawah antar TPQ tingkat desa Selopuro. Penghargaan secara simbolis diberikan oleh Kepala Desa dan Ketua Panitia peringatan HUT RI ke-70. Tercatat yang menjadi juara umum adalah TPQ Nurul Hidayah Ngadangan dengan perolehan nilai tertinggi diikuti TPQ Fathurrahman Tulis. Alhamdulillah, rasa syukur dipanjatkan oleh seluruh peserta Malem Tirakatan karena acara berjalan dengan hikmat dan meriah.

Penulis: Mohammad Ridwan (S1 Akuntansi/ Kelompok 6) 

0 Response to "HARI KE 12 : Gebyar Kemeriahan Menyambut Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70 Desa Selopuro"

Posting Komentar