Hari 17 : Pelatihan Bekatul dan Acara Rutin Lainya

Pelatihan Bekatul Menjadi Berbagai Macam Kue | Kelompok 4 Dengan Beberapa Delegasi Kelompok Lainya
Kegiatan KKN PPM Mandiri dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang tahun 2015 yang bertempat di Desa Selopuro, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang ini sudah memasuki hari yang ke 16. Pagi hari sebelum melakukan kegiatan kkn tepatnya pukul 04.23WIB para peserta KKN menunaikan ibadah sholat subuh secara berjamaah di mushola terdekat.

Untuk menunjang suksesnya kegiatan KKN, Mugni sebagai koordinator KKN PPM mengadakan rapat koordinasi dan evaluasi harian untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan tiap-tiap kelompok. Rapat harian ini dilaksanakan pada pukul 06.30WIB di posko utama.

Seperti hal yang disebutkan sebelumnya, kegiatan KKN PPM UNIMUS ini ada satu kelompok besar yang terdiri dari 31orang anggota dan dibagi menjadi enam kelompok kecil yang rata-rata terdiri dari 5orang anggota. Ke enam kelompok tersebut diterjunkan ke lima dukuh yang ada di desa Selopuro.

Kelompok 1 yang terdiri dari 5orang anggota (Pristy, Giarti, Intan, Faiz, Ali) bertugas di dukuh Ngadangan. Kegiatan yang kelompok 1 lakukan pada hari ini adalah membantu kelompok 3 untuk memberikan pelatihan komputer pada perangkat desa Selopuro dari pukul 09.00 – 11.00WIB di Balai Desa. Dilanjutkan ibadah sholat Jumat. Selesai sholat Jumat kelompok 1 membantu persiapan kelompok 4 untuk program pembuatan cookies dari bekatul, yang dilaksanakan dari pukul 13.30-17.30WIB. ba’da Isya kelompok 1 melakukan rutinitas kelompok yaitu BimBel (Bimbingan Belajar) untuk anak-anak dukuh Ngadangan.

Berhubung dukuh Tulis merupakan dukuh terluas yang ada di desa Selopuro ada 2 kelompok yang diterjunkan di dukuh ini. Adapun kelompok yang diterjunkan adalah Kelompok 2 yang terdiri dari 5 orang anggota (Tati, Tyas, Andika, Misbach, Luluk) dan Kelompok 6 yang terdiri dari 6 orang anggota (Nita, Supri, Nuzul, Ratih, Solekah, dan Ridwan), kedua kelompok tersebut sering disebut kelompok Tulis. Adapun kegiatan kelompok 2 dan 6 yang dilaksanakan adalah sosialisasi kepada ibu-ibu PKK mengenai pelatihan Labeling and Marketing yang dilaksanakan pada pukul 09.00-. dilanjutkan dengan ibadah sholat Jumat. Pukul 13.30WIB kelompok 2 dan 6 melaksanakan kegiatan LES di SDN 2 Selopuro. Di sambung rapat koordinasi antara kelompok 2 dan kelompok 6 di SDN 2 Selopuro dari pukul 16.00-16.30WIB. Selesai rapat koordinasi kedua kelompok mengikuti kegiatan yang ada di dukuh Tulis yaitu Posyandu dan perkumpulan Ibu-Ibu PKK pada pukul 17.00-17.30WIB, disini kelompok 2 dan 6 memberikan sosialisasi tentang labeling and marketing, penyuluhan dan pelatihan yang sudah di programkan kelompok sebelumnya. Untuk kelompok 2 memberikan penyuluhan tentang keaamanan pangan sedangkan kelompok 6 memberikan pelatihan pemanfaatan kain perca. Untuk kegiatan malam kelompok Tulis bersilaturahim ke rumah ketua karangtaruna dari pukul 18.30 – 19.00WIB. Selesai silaturahim kelompok Tulis memastikan peserta peltiahan labeling and marketing ke ketua Ibu PKK dukuh Tulis dari pukul 19.00-20.00WIB.

Kelompok 3 yang terdiri dari 5orang anggota (Uswa, Rina, Juwita, Mugni, Fandi) bertugas di dukuh Nglindon. Adapun kegiatan yang kelompok 3 lakukan adalah sebagai berikut: pukul 09.00-11.00WIB memberikan pelatihan komputer pada perangkat desa di balai desa. Lanjut sholat Jumat. Setelah itu kelompok 3 pada pukul 14.00-15.00WIB membantu kelompok 4 dalam pelatihan pembuatan cokies bekatul. Pukul 15.00WIB memberikan BimBel anak-anak dukuh nglindon, lalu pukul 18.00WIB di sambung dengan mengajar TPQ. Kegiatan malam kelompok 3 membantu kelompok 5 bimbel di gepuro.

Kelompok 4 yang terdiri dari 5orang anggota (Nanda, Asih, Kemala, Bima, Khoirul) bertugas di dukuh Topar. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan kelompok 4 dari pagi jam 7.30-11.00WIB. Untuk tetap menjalankan kegiatan dengan sukses maka kelompok 4 membagi anggota menjadi 2 bagian. Kegiatan pertama yaitu menjaga perpustakaan SDN 1 Selopuro. Dan yang kedua kelompok 4 bersilaturahmi ke BPP (Badan Penyuluh Pertanian) untuk konfirmasi dan meminta pendampingan untuk agenda pembuatan pupuk kompos pada hari Minggu, 23 Agustus 2015. Lanjut sholat Jumat. Selesainya Sholat Jumat kelompok 4 mempunyai agenda yaitu pembuatan cookies dari bekatul yang dilaksanakan di rumah kepala desa pada pukul 14.00-17.30WIB. Ba’da Isya kelompok 4 masih dibagi menjadi 2 tim, tim yang pertama bertugas untuk menyiapkan materi labeling and marketing dan tim yang kedua mengkonfirmasi ke anggota karangtaruna yang bersedia untuk dijadikan tuan rumah pelatihan servis kendaraan ringan.

Kelompok 5 yang terdiri dari 4orang anggota (Cherli, Priska, Wahid, Tegar) bertugas di dukuh Gepuro. Di hari ini kegiatan kelompok 5 adalah sosialisasi sekaligus memastikan peserta labeling and marketing di rumah Kepala Dusun pada jam 10.00-11.00WIB. Lanjut sholat Jumat. Selesai sholat Jumat, pukul 13.30-14.30WIB ada anggota kelompok 5 yang ditugaskan untuk mengirim proposal sponshorship ke BMT BUS. Pada jam 19.15-21.00WIB kelompok 5 memberikan BimBel kepada anak-anak Gepuro.

Hari ini juga diadakan rapat besar pada malam hari pukul 20.30WIB di posko utama untuk membahas tentang pelaksanaan pelatiahan Labeling and Marketing dan pelatihan servis kendaraan ringan. Alhamdulillah pada hari Jumat ini tidak ada masalah apapun yang terjadi.

Penulis : Khoirul Alfiani - Kelompok 4 Jurusan Teknik Mesin

0 Response to "Hari 17 : Pelatihan Bekatul dan Acara Rutin Lainya"

Posting Komentar