PELATIHAN ANEKA MACAM MAKANAN DARI BUAH KAWIS DAN LABU


PELATIHAN ANEKA MACAM MAKANAN DARI BUAH KAWIS DAN LABU
Rabu, 12 Agustus 2015
Rabu, 12 Agustus 2015 merupakan hari ke – 8 kami melakukan KKN PPM UNIMUS di Ds.Selopuro, Kec. Lasem, Kab. Rembang dengan perserta yang masih genap yaitu sejumlah 31 Mahasiswa yang terdiri dari berbagai macam program studi. Hari ini program besar yang kami bersama dengan dosen pembimbing kami rencanakan dilaksanakan yaitu “ Demo Pembuatan Aneka Makanan dari Buah Kawisto dan Labu”. Acara ini bertujuan agar masyarakat Rembang dapat membudidayakan kawis dan labu kuning menjadi makanan yang inovatif dan kreatif sehingga masyarakat mancanegara dapat mengenal kawis yang berasal dari daerah Rembang ini. Selain itu, pencapaian yang lain adalah agar para ibu-ibu dapat menghasilkan dan menjual hasil produk dari kawis dan labu kuning tersebut, sehingga ibu rumah tangga dapat menambah pendapatanya.  Ada banyak prodak makanan yang kami buat di hari ini seperti Sirup kawis, minuman ringgan kawis, selai labu,dodol labu, saos dan sambal labu, dan dodol kawis. Acara demo ini diikuti kurang lebih 40 ibu-ibu dari lima dukuh yang ada di selopuro (Ngadangan, Topar, Klindon, Tulis, dan Gepuro). Acara ini berlangsung sangat meriah. Ibu-ibu diarahkan untuk membuat macam-macam produk. Di akhir acara, para ibu-ibu diajarkan cara pengemasan juga.  Acara ini akan berlanjut dengan demo di masing-masing dukuh.
Di petang hari kami mengawali kegiatan dengan bangun solat subuh kemudian bergantian mandi dan sarapan. Seperti biasa sebelum kami melaksanakan masing – masing kegiatan perkelompok kami mengikuti rapat bsar guna koordinasi apa – apa saja yang akan kita laksanakan hari ini, dengan hasil setiap kelompok di pagi ini sebagian kelompok bertugas untuk koordinasi dengan ibu – ibu PKK guna Demo kawis dan sebagianya lagi bertugas untuk membersihkan perpustakaa. Setelahnya masing – masing kelompok melaksanakan kegiatannya masing masing sebelum kegiatan besar yang akan kami laksanakan bersama – sama di siang hari nanti. Di pagi hari :
Kelompok satu ( Pristy, Gia, Intan, Faiz dan Ali ) yang memegang dukuh  Ngadangan koordinasi dengan                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              ibu – ibu PKK untuk membuat Sirup kawis dan minuman ringan, kemudian menyiapkan alat yang kami pinjam dari bu Kiswati ( ketua posyandu dukuh Ngadangan ).
Begitu pula kelompok lain, masing – masing kelompok sibuk mempersiapkan acara demo kawis yang akan kami selenggarakan siang ini, selain itu ada pula kelompok yang meembersihkan perpustakaan SDN 1 Selopuro diantaranya kelompok IV dan di bantu dengan beberapa anggota dari kelompok lain.
Inilah saat – saat yangkita tunggu bersama, pada jam 14:00 kami memulai kegiatan demo kawis ini dengan acara pembukaan yang diikuti oleh peserta pelatihan dan diikuti juga oleh perangkat desa yang ada di desa Selopuro. Sebelum kami memulai pembuatan aneka makanan dari buah kawis kami membagi tim per kelompok jenis makanan tujuanya agar di setiap pembuatan makanan ada satu orang perwakilan di setiap dukuh sehingga setiap perorangan tersebut dapar berbagi ilmu dengan tetangga perdukuhnya bagaimana cara pembuatan masing – masing jenis makanan, sehingga setiap dukuh mampu membuat berbagai jenis makanan dan minuman dari buah kawis dan dodol.
Kelompok satu berkesempatan untuk mendampingi Ibu – ibu PKK membuat sirup kawis dan minuman ringan kawis. Produk ini membutuhkan berbagai macam alat diantaranya : kompor, panci, dandang, pisau, waskom, blender, kain saring pengaduk, mangkuk kecil, sendok, corong dan serber, dengan bahan buah kawisto, gula, asam sitrat, essent kawis, benzoat, CMC, air. Pembuatan sirup dan minuman ringan ini diikuti oleh 8 peserta pelatihan, setelah pengambilan bahan yang sudah disediakan oleh panitia, ibu – ibu PKK dengan gesitnya melakukan tahap – demi tahap pembuatan sirup kawis. Pertama buah kawis seberat 500 gr di tambah air 1500 l di blender sampai halus, kemudian di saring menggunkan saringan minuman, setelahnya disaring lagi menggunakan kain saring. Penyaringan ini bertujuan agar sari yang kita dapatkan berkualitas. Sebagian ibu – ibu yang lain menakar gula seberat 1500 gr yang di campur dengan CMC ( pengental ). Kedua sari kawis yang didapat di rebus bersamaan dengan gula yang sudah kita campur dengan CMC, di aduk sampai mendidih kemudian ditambahkan 5 gr Asam sitrat agar rasa dari sirup yang kita buat nanti segar setelah agak mengental berarti sirup kawis yang kita buat sudah jadi.  Ketiga tunggu sebentar agar sirup agak dingin kemudian di kemas di dalam botol yang sebelumnya sudah di rebus ( sterilisasi ) oleh panitia. Sirup siap di nikmati.
Setelah pembuatan sirup kawis selesai ibu – ibu membuat minuman ringan kawis. Produk ini dapat di buat dengan cara yang sama dengan pembuatan sirup hanya saja tidak menggunakan CMC, komposisi air ditambah dan komposisi gula di kurangi. Pertama buah kawis 500 gr di tambah air 2000 ml di blender kemudian di saring menggunakan saringan dan kain saring. Kedua sari kawis di rebus di tambahkan gula seberat 500 gr lalu di tunggu sampai mendidih dan tambahkan asam sitrat. Ketiga tunggu hingga minuman agak dingin kemudian kemas. Dan minuman ringan dari buah kawis siap di sajikan .
Selama pelatihan berlangsung Antusias ibu – ibu PKK yang begitu besar sehingga membuat kami semakin bertambah semangat untuk bersama – sama belajar membuat minuman ringan dan sirup kawis ini agar mendapatkan haril prodak jadi yang maksimal sehingga dapat di pasarkan dengan harga jual yang memadai. Tak lupa kami juga mempelajari cara pembuatan produk lain agar nanti ketika di adakanya pameran pada hari berikutnya produk yang kami buat dap menang dan bermanfaat bagi banyak orang.
Kelompok dua berkesempatan untuk mendampingi ibu – ibu PKK untuk membuat dodol labu. Dodol labu  membutuhkan alat : kompor, wajan, , pisau, waskom, blender, suntil kayu, loyang, telenan, mangkuk kecil dan serbet. Bahan yang digunakan diantaranya : buah labu, , benzoat, air, gula, tepung ketan, gula merah, santan. Pertama buah labu di kupas, dicuci dan direbus, setelah matang di lumatkan sampai halus. Kedua santan kelapa di rebus dan di tambahkan gula, setelah perebusan ini menghasilkan minyak labu yang sudah kita lumatkan tadi bisa di masukan. Ketiga tambahkan tepung ketan dan gula merah, aduk terus menerus sampai matang. Keempat pindahkan dodol yang sudah matang kedalam loyang, tunggu sampai dingin. Dodol siap di kemas dan di hidangkan.


Kelompok Tiga berkesempatan untuk mendampingi ibu – ibu PKK untuk membuat selai labu. Selai kawis membutuhkan alat : kompor, wajan, dandang, pisau, waskom, blender, suntil kayu, mangkuk kecil dan serber. Bahan yang digunakan diantaranya : buah labu, CMC, benzoat, air, gula.
Kelompok empat berkesempatan untuk mendampingi ibu – ibu PKK untuk membuat saos dan saos sambal. Selai kawis membutuhkan alat : kompor, wajan, pisau, waskom, blender, suntil kayu, mangkuk kecil dan serber, cobek dan muntu. Bahan yang digunakan diantaranya : buah labu, CMC, benzoat, gula, garam, cabai, bawang merah, bawang putih.  
Kelompok Lima berkesempatan mendampingi ibu – ibu PKK membuat selai labu. dodol kawis membutuhkan alat : kompor, wajan, dandang, pisau, waskom, blender, suntil kayu, mangkuk kecil dan serber. Bahan yang digunakan diantaranya : buah kawis, CMC, benzoat, air, gula, tepung ketan, gula merah, santan.  Pertama buah kawis di blender sampai halus kemudian di saring. Kedua santan kelapa di rebus dan di tambahkan gula, setelah perebusan ini menghasilkan minyak labu yang sudah kita lumatkan tadi bisa di masukan. Ketiga tambahkan tepung ketan dan gula merah, aduk terus menerus sampai matang. Keempat pindahkan dodol yang sudah matang kedalam loyang, tunggu sampai dingin. Dodol siap di kemas dan di hidangkan.
Kelompok enam yang memegang dukuh Tulis berkesempatan untuk mendampingi ibu – ibu PKK untuk membuat selai kawis. Selai kawis membutuhkan alat : kompor, wajan, dandang, pisau, waskom, blender, suntil kayu, mangkuk kecil dan serber. Bahan yang digunakan diantaranya : buah kawis, CMC, benzoat, air, gula.
Setelah pembuatan aneka makanan dari buah kawis dan labu selesai kami mengadakan evaluasi yang di isi oleh dosen pembimbing kami. Hasilnya memuaskan dan antusias ibu – ibu yang membuat kami bertambah semangat untuk terus belajar bersama mereka. Evaluasi selesai dilanjutkan dengan pembagian aneka makanan yang telah jadi kepada setiap peserta .
Demo kawis selesai saat nya kami clining dan evaluasi kepanitiaan bersama setiap peserta KKN dan guru pendamping, di lanjut mengembalikan peralatan yang sudah kami pinjam di setiap dukuh dan masing – masing kelompok kembali melanjutkan prokernya masing – masing.


Malam harinya kelompok satu setelah solat maqrib mengisi tausiah di rumah pak modin ( salah satu perangkat desa ) sampai menjelang isyak . setelah isyak kami melanjutkan kegiatan Bimbingan belajar di musola Nurul Hidayah sampai jam 20:30. Setelahnya istirahat. Begitu pula dengan kellompok yang lainya melanjutkan kegiatanya masing – masing seperti pengajian dan BimBEl. Setelahnya kami istirahat.


0 Response to " PELATIHAN ANEKA MACAM MAKANAN DARI BUAH KAWIS DAN LABU"

Posting Komentar