Persiapan Lomba dan Malam Tirakatan






Sinar matahari menepati janji menyinari bumi Selopuro, Rembang. Tak terasa ini hari ke-12 (tanggal 16 Agustus 2015) kami mengabdi di Gepuro, Selopuro. Tepatnya H-1 hari perayaan HUT RI Ke-70. Karena inilah kami kelompok 5 mempersiapkan peralatan dan hadiah pukul 10.00 WIB di pasar Lasem guna memperingati hari kemerdekaan RI ke-70 esok hari. Kami mengitari pasar Lasem dan salah satu pasar di Rembang. Hasilnya kami mendapatkan makanan ringan untuk snek anak-anak peserta lomba HUT RI di Gepuro, dan berbagai hadiah yang dirasa sangat berguna untuk anak-anak kelak.
Kumandang adzan dzuhur telah terdengar, maka kami mengakhiri penjelajahan kami di pasar dan kembali ke posko untuk menunaikan ibadah sholat dzuhur berjamaah dan setelah itu makan siang bersama-sama. Pukul 13.30 WIB kami berangkat menuju Gepuro untuk mengajar TPQ dan ternyata adek-adek sudah menunggu kedatangan kami. Setelah saling sapa dengan adik-adik kami langsung membaca doa pembuka pelajaran dan dilanjut dengan membaca Al-Quran. Tak terasa kumandang adzan Ashar terdengar maka kami mengakhiri mengaji Al-quran dan dilanjut dengan sholat berjamaah.
Pukul 15.30 WIB kami kelompok 5 dan teman-teman yang lain menuju ke Balai Kelurahan untuk bersih-bersih tempat yang digunakan untuk pelaksanaan malam tirakatan nanti. Disana kami menyapu, mengepel dan membersihkan halaman balai kelurahan secara bergotong royong dengan perangkat desa. Selesai membersihkan balai kelurahan kami semua kembali menuju ke Gepuro untuk membersihkan tembat yang akan kami gunakan untuk lomba HUT RI Ke-70 di Gepuro esok pagi. Disana kami dibantu juga dengan anak-anak dan pemuda karang taruna Gepuro untuk membersihkan lapangan tersebut. 
 
Saat kumandang adzan terdengar kami bergegas kembali ke posko dan sholat maghrib berjamaah di masjid. Lalu kami bersiap-siap menuju ke Balai Kelurahan untuk menghadiri acara malam tirakatan yang selalu diadakan di Selopuro tiap tahun. Malam tirakatan mempunyai tujuan mensyukuri rahmat dan kenikmatan yang telah di berikan Allah kepada kami semua.
Acara tirakatan dimulai pukul 19.30 WIB,acara ini merupakan kali pertama kami mengikuti di Selopuro. Kami semua TIM KKN-PPM mengikuti kegiatan sampai akhir acara. Di malam tirakatan ini akami juga sekaligus memberikan hadiah kepada pemenang Lomba Tilawah yang telah dilaksanakan siang tadi. Hadiah berupa piala da sertifikat. Tujuannya agar kedepannya mereka tetap semangat belajar Al-Quran. Setelah pemberian hadiah acara puncaknya adalah makan malam bersama. Disini kami mendapatkan suatu arti kebersamaan dan rasa syukur yang mendalam tentang kehidupan. 
Terimakasih Selopuro, kami menengenal arti kebersamaan berkat desa ini.(P_kel5)

0 Response to "Persiapan Lomba dan Malam Tirakatan "

Posting Komentar