SEMANGAT BELAJAR ANAK-ANAK TOPAR MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR

Selopuro, 9 Agustus 2015 merupakan awal dilaksanakannya salah satu program kelompok 4 KKN PPM UNIMUS yaitu bimbingan belajar. Tujuan yang diharapkan  dalam program ini yaitu memudahkan dalam pemahaman anak-anak terhadap pelajaran yang diajarkan di sekolah dan juga melengkapi apa yang telah dipelajari di sekolah. Sesuai dengan pembagian wilayah dimana kelompok 4 mengampu di dukuh Topar sehingga sasaran program ini adalah anak-anak SD dan SMP dari dukuh Topar. Seperti yang telah direncanakan sebelumnya bimbingan belajar dimulai setelah ba’da maghrib atau pukul 18.15 WIB bertempat di Balai Dukuh Topar. Pemilihan balai dukuh sebagai tempat dilaksanakannya bimbingan belajar bukan tanpa alasan, selain karena sudah menjadi tempat yang biasa digunakan warga dalam menyelenggarakan berbagai acara kedukuhan balai dukuh juga merupakan sentral dari Seluruh wilayah Topar sehingga anak-anak lebih nyaman dalam belajar karena merasa balai dukuh seperti rumah sendiri.
 Anak-anak Dukuh Topar mengikuti Bimbingan Belajar di Balai Dukuh

Bimbingan belajar dilakukan selama 6 hari yaitu mulai dari hari Minggu-Jumat sedangkan Hari Sabtu libur mengingat Hari Minggu sekolah libur. Pelajaran yang diberikan tidak berpatok pada pelajaran tertentu namun tergantung dari masing-masing anak pelajaran apa yang ingin dipelajari, begitu pula dengan mahasiswa anggota KKN yang disini berperan sebagai pembimbing tidak memfokuskan pelajaran tertentu apa yang diampunya tetapi semua pembimbing harus mampu mengampu semua pelajaran yang akan dipelajari.
Pelaksanaan bimbingan belajar sangat diluar perkiraan karena anak-anak sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Di hari pertama pelaksanaan saja anak yang datang ±18 orang dan jumlah ini selalu bertambah setiap harinya sehingga boleh dikatakan pembimbing yang hanya berjumlah 5 orang (Nanda, Asih, Ema, Alvi, dan Bima) dimana juga harus menguasai semua materi merasa sedikit kewalahan namun itu bukan menjadi satu masalah karena kerjasama antar pembimbing berjalan sangat baik.
 Kak Nanda sedang mengajari anak-anak pelajaran matematika

Selain sebagai ajang untuk menambah ilmu kegiatan ini sebenarnya juga merupakan ajang menjalin keakraban dengan anak-anak di Dukuh Topar, terbukti dari anak-anak yang tadinya merasa malu untuk mengikuti bimbingan belajar sekarang sudah tidak sungkan lagi untuk mengikuti dan bahkan pembimbing sudah dianggap seperti kakak sendiri sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan enjoy.
Waktu yang dialokasikan untuk program ini pun juga tidak pasti karena bergantung dengan jumlah anak dan materi namun biasanya untuk menghindari agar tidak terlalu malam mengingat anak-anak juga perlu istirahat biasanya akhir bimbel berkisar pada pukul 20.15-20.30 WIB. Program ini berjalan hingga tanggal 22  Agustus 2015, saat perpisahan antara kami dengan anak-anak merupakan saat yang sangat mengharukan banyak anak-anak yang menginginkan agar kami tetap disini belajar bersama setiap malam. Selalu ada pertemuan dan perpisahan mungkin kata-kata itulah yang tepat untuk mewakili perasaan kami maupun anak-anak.
 Eksis sebelum pulang

Hanya satu pesan bagi anak-anak dari kami “TERUS BELAJAR DAN JANGAN PERNAH TAKUT UNTUK MENGGAPAI CITA2 KALIAN .”

0 Response to "SEMANGAT BELAJAR ANAK-ANAK TOPAR MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR"

Posting Komentar