Pemanfaatan Labu Kuning menjadi Saos dan Saos Sambal


Salah satu program KKN-PPM Unimus 2015 di desa Selopuro adalah pemanfaatan buah labu sebagai bahan produk saos dan saos sambal. Pada praktikum ke-2 membuat olahan makanan dari kawista dan labu kuning. Dan terdapat kelompok yang membuat saos dan saos sambal dari buah labu. Jadi disini kami akan memberikan informasi terkait dengan cara pengolahannya.
Labu merupakan salah satu sayuran yang banyak ditanam dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin untuk kesehatan. Pada umumnya berwarna orange atau kuning beberapa varietas menunjukkan warna hijau gelap, coklat dan abu-abu. Warnanya sangat dipengaruhi oleh pigmen kuning-oranye pada kulitnya.
Rakyat Indonesia dapat dikategorikan se
(saos sambal)
bagai pecinta makanan pedas, maka tak jarang kita melihat saat orang-orang makan makanan yang berkuah pasti yang dicari adalah saos sambal dan saos. Namun sekarang ini, banyak produk saos dan saos sambal yang tak layak konsumsi, yaitu dengan menggnakan bahan-bahan yang tak layak pangan seperti menggunakan kulit bawang merah, kulit bawang putih dan menggunakan FORMALIN. Tentu kita semua sudah tahu formalin adalah bahan yang digunakan untuk mengawetkan jazad manusia, bukan sebagai pengawet makanan. Nah bagaimana cara kita agar tidak mengkonsumsi saos dan saos sambal yang berbaya dan tak layak koksumsi? Membuat sendiri mungkin salah satu cara yang tepat.

Bagaimana Caranya ?
Tentu dengan kita membuat sendiri kita tidak perlu khawatir mengenai bahan-bahan yang digunakan.
Bahan-bahannya adalah :

  • Buah labu kuning

  • Cabai merah (untuk saos sambal)

  • Tomat (untuk Saos)

  • Minyak goreng

  • Garam dan gula (secukupnya)

  • Bawang merah dan bawang putih

  • Cengkeh, kayu manis dan pala

Cara membuat saos, pertama bahan (bawang merah, bawang putih dan tomat ) dihancurkan, lalu ditumis menggunakan minyak goring. Kemudian labu kuning yang telah dikukus dan dihancurkan, dimasukkan kedalam tumisan bumbu, lalu masukkan garam, gula secukupnya. Kemudian masukkan cengkeh, kayu manis dan pala secukupnya. Dan aduk secara merata. Apabila ingin cepat mengental dapat menggunakan larutan tepung maizena. Dan bila ingin saos bertahan lama gunakan pengawet makanan secukupnya. Dan saos sudah siap.
(TIM KKN-PPM praktik membuat saos dan saos sambal)

Kalau ingin membuat saos sambal caranya sama hanya saja perbedaannya terletak pada bahan, yaitu jika saos sambal menggunakan cabai sedangkan saos tidak menggunakan cabai.
Bagaimana mudah kan ? silahkan mencoba…..

Penulis : Prisca Shery C

0 Response to "Pemanfaatan Labu Kuning menjadi Saos dan Saos Sambal"

Posting Komentar