Hari 7 : Peserta KKN Mengadakan Bimbingan Belajar dan Membersihkan Perpustakaan SDN 1 Selopuro

Selopuro, Rembang - Anggota KKN-PPM 2015 UNIMUS yang bertempat di Desa Selopuro, hari ini tepatnya hari Selasa, 11 Agustus 2015, seperti biasa kembali menjalankan program rutin dan unggulan di masing-masing dusun yang mereka huni seperti sholat berjama’ah dan rapat evaluasi. Setiap kelompok juga memiliki kesibukan setiap harinya terkait dengan program yang mereka miliki. Seperti halnya kelompok 1 yang berada di Dukuh Ngadangan. Kelompok ini terdiri dari 5 orang dari berbagai jurusan diantaranya adalah saya sendiri. Hari ini kami memiliki aktivitas yang lumayan padat sekali, sehingga dibagi tugas, diantaranya ada yang mengirim surat perizinan kepada Bapak Kepala Sekolah SD N 2 Selopuro yang bertempat di Dusun Tulis. Surat perizinan ini terkait dengan pembelajaran yang behubungan dengan bercocok tanam yang ditujukan untuk anak SD. Pembelajaran tersebut dimaksudkan agar mereka dapat berlatih untuk mengenal bercocok tanam sejak dini mungkin dengan metode pembelajaran school flora. Dan kami mendapat izin untuk memulai kegiatan tersebut pada tanggal 15 Agustus 2015 tepatnya pada hari Sabtu pada jam 10.30. Selain aktivitas tersebut, ada juga beberapa dari kami yang menginput data KK. Ada juga kegiatan lain yang juga menjadi rutinitas yaitu mengajar di TPQ Nurul Hidayah di Dusun Ngadangan yang dimulai dari jam 14.00 hingga jam 17.00. Selain mengajar ngaji, kami juga memberikan ilmu Bahasa Inggris dasar untuk mereka dan mereka sangat antusias sekali. Di sore hari kami berkunjung ke ibu PKK terkait barang-barang yang akan dibawa untuk Demo Kawis pada tanggal 12 Agustus 2015 pukul 14.00 WIB. Dan di malam ini, diantara kelompok kami ada yang ikut ke bimbel dan yang sebagian ada yang mengikuti pelatihan komputer di Balai Desa.
Bimbingan Belajar

Tak kalah sama dengan aktivitas yang dilakukan oleh kelompok 2, kelompok ini bertugas di Dukuh Tulis, kegiatan mereka ada juga yang sama dengan kegiatan di dalam kelompok 1. Mereka juga mengirim surat perizinan dari Kepala Sekolah SD N 2 Selopuro yang ada di Dukuh Tulis. Surat ini terkait dengan program mereka yaitu mengadakan bimbel di SD yang ditargetkan pada kelas 3 dan 4. Merekapun dapat izin dari Kepala Sekolah tersebut untuk memulai bimbelnya pada hari Jum’at jam 2. Di sore hari, mereka juga mengajar ngaji di tempat TPQ. Kemudian mereka melanjutkan agenda mereka yaitu mengontrol pupuk kompos yang mereka letakkan di rumah Bapak Sekdes, Bapak Lasipin. Selesai mengontrol, mereka melanjutkan pendataan ulang mengenai data KK yang belum jelas sekaligus sillaturrohim ke warga, karangtaruna dan RT Dukuh Tulis terkait dengan Demo kawis hingga malam hari. Diakhir kegiatan mereka mengadakan rapat evaluasi.
Pelatihan Komputer Dasar oleh Kelompok 3 | Foto : Fandi Ahmad

Di kelompok 3, kegiatan mereka hari ini cukup padat juga yaitu pergi ke peternakan di Jl. Pemuda Rembang dalam rangka koordinasi dengan Dinas Peternakan terkait pembuatan pakan ternak alternatif yang di minati oleh seluruh warga Klindon. Setelah itu mereka mempersiapkan pelatihan komputer yang di laksanakan pada malam ini tepatnya tanggal 11 Agustus 2015 pukul 18.30 yang akan diikuti oleh semua perangkat desa Selopuro. Ba’da maghrib mereka sillaturrohim ke rumah warga terkait untuk meenginfokan Demo kawis yang dilaksanakan di Balai desa. Kegiatan mereka selanjutnya adalah mempersiapkan pelatihan komputer yang akan dimulai hingga acara selesai.
 
Pada pelatihan komputer perangkat Desa Selopuro memiliki antusiasme yang tinggi dalam mengikuti pembelajran komputer dan berencana kembali melakukan kegiatan serupa beberapa pertemuan kembali.
 
Kelompok 4 yang bertugas di Dukuh Topar, diantara mereka ada yang beraktivitas bersih-bersih perpustakaan di SD N 1 Selopuro, dan nginput data KK di Balai Desa bersama saya. Di siang hari waktu istrahat, mereka mengajar bimbel untuk kelas 6 SD di sekolahannya setelah pelajaran selesai. Setelah bimbel, mereka mengunjungi tempat industri dompet Samzein di rumah Bapak Samsudin selaku pemilik usaha tersebut. Selesai berkunjung, mereka mengajar bimbel lagi untuk anak dan SMP di dukuh Topar sendiri.

Untuk kelompok yang berada di desa Gepuro, kelompok 5, mereka masih sibuk dengan nginput data karena tinggal sedikit lagi mereka selesai. Ketika input data mereka selesai mereka ada pelatihan perca di rumah Kadus Gepuro Bapak Suratman. Setelah pelatihan mereka mengajar bimbel. Untuk kelompok yang terakhir ini adalah kelompok yang paling laris manis programnya yaitu kelompok 6. Kelompok yang heboh karena kreasi bros, kaset, taplak meja dari kain perca memiliki aktivitas yang padat juga. Diantaranya mengirim surat ke SD N 1 Selopuro terkait dengan perizinan Bimbel yang akan diadakan seusai pulang sekolah. Sesudah itu, mereka mencari kain perca kaos untuk pembuatan kaset yang akan di ajarkan kepada warga Dukuh Gepuro. Ketika pelatihan di Dukuh Gepuro selesai, mereka mengajar TPQ dan malamnya dilanjut bimbel.
Perpustakan SDN 1 Selopuro | Foto : Fandi Ahmad
SDN 1 Selopuro memiliki perpustakan yang kurang rapi, maka daripada itu peserta KKN PPM ingin membantu pihak sekolah untuk membersihkan sekaligus memberikan sedikit perubahan pada penataan buku agar lebih tertata. (FA)

Begitulah aktivitas hari ini yang padat. Meskipun begitu, kami senang karena kami dapat memberikan ilmu yang kita miliki kepada seluruh warga Desa Selopuro ini, semoga bermanfaat. Amin. 

Penulis : Intan nc (sastra inggris)

0 Response to "Hari 7 : Peserta KKN Mengadakan Bimbingan Belajar dan Membersihkan Perpustakaan SDN 1 Selopuro"

Posting Komentar