KUNJUNGAN PEMBUATAN BATU BATA DAN PERTANIAN TEMBAKO DI DUKUH TULIS

KUNJUNGAN PEMBUATAN BATU BATA 
DAN
 PERTANIAN TEMBAKO DI DUKUH TULIS

      Hari rabu pagi  jam 8 kami yang didukuh tulis melakukan kunjungan untuk mengenal lebih dari kegiatan-kegiatan warga tulis khususnya yang berkegiatan dilapangan yaitu pertanian, dan pembuatan batu bata, karna di dukuh Tulis Desa Selopuro banyak macam mata pencarian pekerjan seperti sopir, guru,PNS, petani, pembuat batu bata,dan pembatik.

Proses pencetakan batu bata

       proses pembuatan bata tersebut memerlukan waktu yang gak cukup sedikit, pertama mereka mulai menggali tanah yang cukup banyak sekiranya cukup untuk membuat 1000 biji bata, tanah yang sudah digali harus disirami sampai basah dulu karena saat ini sedang musim kemarau jadi proses pembuatan perlu memerlukan banyak air, untuk proses selanjuatnya batu bata yang sudah digali tadi dan sudah diaduk sampai seperti lumpur yang sudah agak mengental ditambah sekam padi dengan perbandingan 1 : 5 dan setelah pencampuran selesai bata mulai dicetak.

Tempat proses pembakaran bata

    Proses pembakaran bata selama kurang lebih 3 hari, menggunakan bahan bakar kayu bakar dan sekam padi. Pembakaran dilakaukan kurang lebih seminggu sekali setelah pembuatan bata berjumlah banyak, penjualan bata tersebut tidak susah karena ada pembeli sendiri yang langsung mengambil di tempat pembuatannya, sehingga untuk penjualan tidak susah.

Proses pencampuran tanah 

Kendala yang dihadapi sekarang yaitu air, dan juga lagi yaitu pesanan pembuatan bata menjadi semakin berkurang karena kalah saing dengan batu bata kapur, sehingga petani membatasi untuk pencetakan bata tersebut.
        Setelah itu kunjungan dilakukan di tempat pertanian tembako tempatnya disebelah tempat batu bata yaitu dilahan pertanian milik pak Bayan Tulis yaitu Pak Lasipin, lahan pertaniannya sendiri sangat luas sehingga ditempat tersebut dibuat rumah tembako yaitu rumah yang berguna untuk menampung hasilnjemuran tembako dan tempat berteduh juga, penanaman tembako dari menanam benih sampai panen itu kurang lebih 3 bulan untuk bisa di panen, sehingga waktu yang cukup panj0iang untuk menunggunya, lahan disitu sangat subur


0 Response to "KUNJUNGAN PEMBUATAN BATU BATA DAN PERTANIAN TEMBAKO DI DUKUH TULIS"

Posting Komentar