Hari ke-15 : Antusiasnya warga Selopuro di setiap program kelompok

Rembang(19/08/2015)-Tak terasa hari berlalu begitu cepat, sudah 16 hari kami berada di Desa Selopuro, tempat kami untuk mengabdi kepada masyarakat. Suara adzan Sholat Subuh, kokokan ayam, dan dinginnya pagi sudah tidak asing lagi bagi kami. Suara tersebutlah yang selalu membangunkan kami dari mimpi indah semalam. Kami pun langsung bangun dan bergegas mengambil air wudhu untuk menunaikan Sholat subuh di Mushola yang berada tepat dibelakang rumah Bu Tatik (asrama putri). Usai sholat Shubuh, kami langsung mengantri untuk bersih diri, sambil menunggu antrian ada yang ikut membantu memasak didapur dan ada juga yang mempersiapkan perlengkapan buat acara di masing-masing dukuh.
 
Soup bayam, sosis, tempe goreng dan sambal adalah bekal untuk melakukan aktifitas hari ini. Seperti biasa sebelum kami bertugas ke masing-masing dukuh, ketua kelompok berkumpul terlebih dahulu untuk rapat koordinasi dan memaparkan kegiatan apa yang akan dilaksanakan.

Silaturrahmi merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh Rosululloh SAW, yang banyak sekali manfaatnya diantaranya menambah teman, mempererat tali persaudaraan, menambah rizki, dan lain-lain. Kebetulan pagi hari ini, jam 08.00 di jadwalkan untuk silaturrahmi ke Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) Muhammadiyah Rembang dan BMT BUS (Baitul Maal Wat Tamwil Bina Ummat Sejahtera) salah satu Koperasi Jasa Keuangan Syariah besar didaerah Rembang. Masing-masing kelompok mendelegasikan anggotanya untuk mengikuti silaturrahmi tersebut.
Hasil dari silaturahmi tersebut antaralain Dikdasmen Muhammadiyah mempunyai amal usaha PAUD, Panti Asuhan putra dan Putri, SMP, SMA dan SMK ( Listrik, Perbankkan dan otomatif). Sedangkan BMT BUS didirikan pada tahun 1996 dengan berbadan hukum Koperasi Serba Usaha (KSU) yang kemudian disempurnakan menjadi Koperasi Simpan Pinjam (KSPS). Dan disempurnakan lagi menjadi Koperasi Jasa keuangan Syariah (KJKS). BMT BUS ini di ketuai oleh H. Abdulloh Yazid. Produk dan layanan BMT ini dibagi menjadi 3 yaitu, Pembiyaan, Simpanan dan investasi. BMT ini mempunyai 91 cabang yng tersebar di 5 Provinsi yaitu Jawa tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Pontianak (Kalimantan Barat). Budaya kerja BMT BUS ini mengaju pada sifat rosululloh yaitu Shidiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh yang diharapkan mampu mengayomi dan memberdayakan masyarakat, sesuai dengan mottonya yaitu “Wahana Kebangkitan Ekonomi Ummat”. 

Selain silaturahmi ada banyak kegiatan lain yang dilaksanakan masing-masing kelompok, antara lain kelompok 1 mengajar TPQ jam 14.00-16.00, kemudian menyiram tanaman school flora di SD, dilanjutkan dengan koordinasi dengan ibu-ibu PKK terkait program pendampingan kawis dan pelatihan marketing dan keamanan pangan. Malam hari di lanjutkan untuk mengikuti pengajian di tempatnya Bapak Karmuji dan di lanjutkan dengan Bimbel.

Kelompok 2 dan 6 yang kebetulan sama-sama bertugas di dukuh Tulis, mengadakan penyuluhan keamanan pangan dan pelatihan kain perca kepada ibu-ibu PKK dukuh Tulis. Kemudian dilanjutkan dengan koordinasi dengan ibu-ibu PKK terkait program pendampingan kawis dan pelatihan marketing dan keamanan pangan, mengajar TPQ dan bimbingan belajar. Malam hari kami menghadiri pengajian aqiqahan di Bu Yatmi.

Kelompok 3 dan 5 bertugas dibalai desa untuk melakukan pendampingan pelatihan computer kepada para perangkat desa Selopuro. Kemudian kelompok 3 melanjutkan dengan koordinasi dengan ibu-ibu PKK terkait program pendampingan kawis dan pelatihan marketing dan keamanan pangan, mengajar TPQ dan bimbingan belajar. Malam hari kami menghadiri pengajian ibu-ibu PKK di Klindon. Sedangkan kelompok 5 melanjutkan mengajar TPQ dan Bimbel di dukuh Ngepuro.

Sedangkan bagi kelompok 4, hari ini adalah hari yang special karena pagi hari ini kelompok 4 launching perpustakaan di SD Negeri 01 Selopuro. Perpustakaan yang semula pasif dan di jadikan gudang, kini dibuka kembali setelah kurang lebih seminggu dibersihkan, dirapikan dan ditata ulang kembali. Wajah bapak, ibu guru serta siswa-siswi terlihat sangat senang ketika perpustakaan itu kini kembali diaktifkan kembali. Harapannya perpustakaan mampu menjadi gudang ilmu dan sarana siswa-siswi untuk memperdalam pelajaran dan menambah wawasan. Oleh karena itu siswa-siswi dihimbau untuk rajin membaca buku di perpustakaan agar perpustakaan itu hidup kembali, ujar Supriyadi (Kepala SDN 01). 

Kemudian siang harinya kami mengajar Bimbel siswa-siswi kelas 6 SDN 01 Selopuro dan melatih persiapan pentas seni kemah pramuka yang akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 Agustus mendatang. Kemudian malam har seperti biasa kami mengajar bimbel semua pelajaran pada anak-anak SD dan SMP dibalai dukuh Topar.
Demikianlah segudang kegiatan kami pada tanggal 20 Agustus 2015, padatnya jadwal tidak melemahkan semangat kami, justu semakin menyulut semangat kami untuk mengabdi kepada masyarakat dan negeri. 


Penulis : Sutiyarsih

0 Response to "Hari ke-15 : Antusiasnya warga Selopuro di setiap program kelompok"

Posting Komentar