Hari 4 : Pendataan Warga Desa Selopuro Oleh Peserta KKN PPM UNIMUS

Koordinasi Sebelum Pendataan dan Survei Data Kependudukan Masyarakat | Fandi Ahmad
Selopuro, Rembang - Sabtu, 8 Agustus 2015 pagi yang indah di desa Selopuro, Kec. Lasem, Rembang. Dengan udara yang begitu segar, mengawali hari dengan sholat subuh berjamaah. Matahari meninggi menghangatkan keakraban dan membakar semangat para jiwa muda yang haus akan kesuksesan. Kelompok 1 yang diketuai oleh pristy mendapat tugas di Dusun Ngadangan pada pukul 08.30 -09.00 melaksanakan sosialisasi progam berbagai macam kerajinan dari kain perca di paud. Kemudian pukul 09.00-12.00 sosialisasi progam kkn ppm ke SDN 2 Selopuro,pendataan data penduduk ketua RT 02 dan ketua RT 05 Dusun Ngadangan. Pukul 13.00-16.00 sosialisasi program kkn ppm dan pendataan penduduk ke ketua RT 03 dan Ketua RT 04 Dusun Ngadangan. Pukul 18.30-21.00 melakukan sosialisasi progam kkn ppm dan pendataan penduduk ke ketua RT 01, Ketua RT 05, dan Ketua RT 06 Dusun Ngadangan.

Pagi jam 08.30 kelompok 2 yang diketuai oleh tyas yang bertugas di dusun Tulis,perakilannya melakukan sosialisasi progam ke SDN 2 Selopuro,dan sebagian ke rumah pak Sekdes untuk konfirmasi karena malam harinya kelompok 2 mengadakan sosialisasi pupuk cair. Di lanjutkan dengan pendataan penduduk yang dibagi-bagi agar cepat terselesaikan. Setelah sholat dhuhur dilanjutkan rapat koordinasi dengan kelompok 6 karena sama-sama di dusun Tulis untuk mengajar TPQ dan bimbingan belajar . Pukul 15.00-17.00 mengajar TPQ Di Dusun Tulis. Kemudian pukul 19.00 kelompok 2 sebagian mengadakan sosialisasi pupuk cair dan praktek langsung,dan sebagian lagi mengikuti rapat karang taruna di Dukuh Tulis dan ikut latihan rebana di masjid. Pada Pukul 21.30 kalompok 2 berkumpul untuk evaluasi kegiatan agar ke depannya bisa berjalan lebih baik lagi.
Kunjungan Industri

Kelompok 3 yang diketuai oleh Fandi bertugas di Dusun Nglindon, pada pukul 08.00-08.30 ditemani oleh ibu kepala Dusun Nglindon melakukan silahturahmi ke rumah ketua RT 02 mensosialisasikan program kkn ppm dan pendataan penduduk. Dilanjutkan silahturahmi ke rumah ketua RW Dusun Nglindon dan mensosialisasikan progam kkn ppm. Pada pukul 09.00-09.30 kelompok 3 melakukan silahturahmi ke rumah ketua RT 01 Dusun Nglindon dan mensosialisasikan program kkn ppm. Dilanjutkan berkunjung ke industri pembuatan tahu di Dukuh Nglindon. Melihat proses pembuatan tahu dari kedelai sampai menjadi tahu yang siap untuk dikonsumsi,penjualannya,dll. Setelah Dzuhur kelompok 3 sebagian melakukan perekapan data penduduk,dan sebagian mencari pelepah pisang untuk percobaan pembuatan pakan ternak.

Pukul 08.30-12.00 kelompok 4 yang ditugaskan di Dusun Topar diketuai oleh Nanda melakukan pendataan penduduk di kantor Kelurahan bersama Bapak Kepala Dusun. Setelah sholat dzuhur kelompok 4 melakukan rapat kordinasi persiapan 17 Agustusan. Setelah itu kelompok 4 berkunjung ke industri dompet di Dusun Topar. Pukul 15.00-16.30 kelompok 4 menemui ibu-ibu PKK Dusun Topar untuk sosialisasi progam kkn ppm buah kawis dan pembentukan jadwal bimbingan belajar. Dilanjutkan ke rumah bapak Lurah untuk mensosialisasikan progam kkn ppm.

Kelompok 5 yang diketuai oleh Aang ditugaskan di Dusun Gepuro,melakukan pendataan penduduk di RT 01 Dusun Gepuro. Dilanjutkan pendataan warga di RT 02 Dusun Gepuro. Mengajar TPQ di masjid Dusun Gepuro,sekitar 21 anak. Kemudina mengajar bimbel ba’da maghrib sampai isya’. Dilanjutkan mengikuti pengajian Ikatan Remaja Masjid Baitul Ghofur dengan anggotanya sekaligus silahturahmi dengan para pengurus Ikatan Remaja Masjid Baitul Ghofur.

Pukul 08.00 semua anggota kelompok 6 yang diketuai oleh Supri,memulai kegiatan dengan berkumpul di posko untuk briving dengan kelompok 2. Setelah briving dengan kelompok 2, kelompok 6 mendatangi paud di dusun ngadangan untuk mensosialisasikan tentang pelatihan pembuatan kerajinan dari kain perca. Respon yang diberikan cukup baik,antusias dari wali murid paud,menjadi saksi hati untuk semangat memberikan ilmu untuk anak-anak paud. Pukul 09.00 kelompok 6 dan kelompok 2 bersilahturahmi ke SDN 2 Selopuro untuk menyampaikan tujuan. Keputusan ditunda karena kepala sekolah sedang ada kesibukan. Setelah itu kelompok 6 berkunjung ke rumah warga untuk pendataan kependudukan,dilanjut mengajar TPQ di Dusun Tulis. Pukul 18.00 kelompok 6 melakukan silahturahmi dan ramah tamah ke karang taruna Selopuro dan mengikuti perkumpulan among tani di Dusun Tulis.

Itulah kegiatan seluruh kelompok pada hari ke 4 dimana peserta melaksanakan KKN PPM dengan kesibukan mensurvei dan mendata masyarakat yang ada di Desa Selopuro, Rembang.

Penulis : Rina Fitriyani - Kelompok 3

0 Response to "Hari 4 : Pendataan Warga Desa Selopuro Oleh Peserta KKN PPM UNIMUS"

Posting Komentar