Hari 23 [Terakhir] : Pelepasan KKN PPM UNIMUS di Balai Desa Selopuro, Sayonara Kawan!


Kamis, 27 Agustus 2015 adalah waktu dimana kami semua selesai melaksanakan KKN PPM di Selopuro, Rembang. Hari yang menyenangkan sekaligus menyedihkan. Senang karena bisa pulang ke Semarang melanjutkan rutinitas di Semarang kembali dan berkumpul kembali bersama keluarga, sekaligus menyedihkan karena berpisah dengan orang-orang dan suasana yang ada di Selopuro.

Pukul 05.00 suara adzan berkumandang di mushola belakang dekat tempat penginapan perempuan, kami semua terbangun berbondong-bondong ke masjid. Setelah sholat subuh kami membersihkan tempat tidur masing-masing, beres-beres barang bawaan, dan sebagian ada yang mandi. Pukul 07.00 kami semua sarapan pagi bersama-sama. Sinar matahari dari timur menyinari rumah penginapan kami. Udara sejuk dan suasana yang indah di desa Selopuro menjadi pemandang yang setiap hari kita lihat dan rasakan. Setelah selesai sarapan pagi kami melaksanakan tugas masing-masing, ada yang di Balai desa untuk mempersiapkan acara pelepasan, ada juga yang mempersiapkan data untuk di serahkan ke balai desa.

Pukul 10.00 upacara pelepasan di Balai desa Selopuro di mulai, yang di hadiri oleh peserta KKN PPM Universitas Muhammadiyah Semarang, bapak kepala desa, dan juga perangkat-perangkat desa Selopuro. Saat acara pelepasan kami memberikan kenang-kenangan kepada desa Selopuro beberapa pohon kawis secara simbolik dan selanjutnya supaya bisa di tanam para warga setempat. Setelah acara selesai kami semua bersalam-salaman. Setelah selesai acara tidak lama bus Unimus datang, kita semua kembali ke tempat penginapan untuk mengambil barang-barang dan di taruh di bus. Setelah semuanya sudah siap kami berpamitan kepada keluarga bu tatik.

Kami tidak langsung pulang tetapi kami semua kerumah pak lasipin beliau adalah sekertaris desa, beliau mengundang kami semua untuk makan-makan sekaligus perpisahan di rumah beliau. Di rumah pak lasipin kita di suguhi berbagai macam makanan. Kita semua menikmati makanan yang di hidangkan. Dirumah pak lasipin kita makan-makan dan sholat duhur di sana.

Pukul 13.00 kami berpamitan kepada keluarga pak lasipin untuk pulang ke Semarang. Saat kami berpamitan suasana haru tumpah ruah di sana. Betapa senangnya kita berada di desa Selopuro ibarat sudah menjadi keluarga sendiri sehingga saat kami pulang suasana haru tumpah ruah disana dan tangisan tidak dapat terbendung lagi.
Saat pulang ke Semarang ada yang naik bus Unimus dan ada juga yang mengendarai sepeda motor. Saat perjalanan pulang ke Semarang di kanan kiri jalan banyak sekali hamparan garam di sana sini. Begitu indah suasana, pemandangan, dan juga panorama di kabupaten Rembang.

Pukul 16.00 kami sampai di kampus Universitas Muhammdiyah Semarang. Rasa senang lelah bercampur menjadi satu.

Perpisahan ini tidak akan memutus tali silatuhmi di antara kita. Walaupun jarak memisahkan tetapi kami akan selalu ingat dan mengenang apapun yang sudah kami jalani dan lalui di desa Selopuro, Rembang. Banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang kami dapatkan di KKN PPM ini.

Terimakasih kepada warga Selopuro, Rembang. Bapak ibu dosen pembimbing KKN PPM 2015. KKN PPM Universitas Muhammadiyah Semarang 2015 is the best.

Penulis : Andika Fitriyani - Statistik Kelompok 1

0 Response to "Hari 23 [Terakhir] : Pelepasan KKN PPM UNIMUS di Balai Desa Selopuro, Sayonara Kawan!"

Posting Komentar