Yuk Masak-masak ( Pendampingan Pertama Gepuro )

Akhirnya, hari yang ditunggu ibu-ibu dari Gepuro untuk membuat produk olahan dari labu kuning dan kawis tiba juga. Setelah acara demo pengolahan kawis dan labu kuning di Balai Desa Selopuro bersama ibu Aminah, ibu –ibu cantik dari Gepuro sangat antusias terhadap progam ini.

Pendampingan hari pertama ( 23 Agustus 2015), Dusun Gepuro mendapat jadwal untuk membuat olahan produk dari labu kuning terlebih dahulu. Adapun produk yang harus dibuat adalah dodol labu, selai labu, saos dan saos sambal labu. Dari Dusun Gepuro mempunyai 2 tim yang terdiri dari masing-masing tim adalah 6 orang.


Pagi harinya  sebelum praktik, kami kelompok 5 mengecek persiapan alat dan bahan yang akan digunakan terlebih dahulu. Setelah sholat dzuhur berjamaah dan makan siang , kami segera bergegas ke Dusun Gepuro untuk memulai praktikum pada hari ini.
(Pengukusan Labu Kuning)
Tim 1 dari Gepuro mendapat bagian membuat dodol dan selai dari labu kuning. Sedangkan tim 2 membuat saos dan saos sambal labu. Ibu –ibu Gepuro memasak mandiri dengan membaca buku resep yang telah diberikan karena tim dari kkn hanya bertugas untuk mendampingi dan membantu hanya jika ibu-ibu mendapat kesulitan. Selama proses memasak, tim 1 dan tim 2 selalu menjaga kebersihan, kehigienisan, serta kekompakan karena hal tersebut akan dinilai oleh tim juri  independen dari peserta kkn.
( Proses Pembuatan Dodol Labu Kuning )

( Proses Pembuatan Saos Labu Kuning )

Proses memasak berlangsung selama kurang lebih 4 jam. Setelah proses memasakdilanjutkan dengan pengemasandan pelabelan produk. Ibu-ibu Gepuro mengemas produk yang telah dibuat dengan kreatif.
( Proses Pengemasan )
Itulah, cerita kami pada praktikum hari ini. Semoga praktikum kedua esok hari dapat berjalan lancar seperti hari ini.
(Kelompok5.C)

0 Response to "Yuk Masak-masak ( Pendampingan Pertama Gepuro )"

Posting Komentar