Hari 2 : Pembukaan KKN-PPM 2015 di Desa Selopuro



Selopuro, Rembang - Kegiatan pembelajaran pemberdayaan masyarakat yang dikemas dalam istilah KKN (Kuliah Kerja Nyata) kurang afdol tanpa dibuka atau diterima oleh perangkat desa maupun warga sekitar. Untuk meresmikan sekaligus menerima kami, para mahasiswa KKN-PPM, diadakanlah acara pembukaan di balai desa Selopuro pada hari Kamis, 6 Agustus 2015.
Acara Serah Terima KKN PPM UNIMUS Selopuro yang di laksanakan di kelurahan Desa Selpuro Lasem
Serah Terima Peserta KKN dari pihak Pembina ke Kepala Desa Selopuro - Lasem | Fandi Ahmad

Pada acara tersebut dihadiri oleh kepala desa, perwakilan dari perangkat desa, kepala setiap dukuh, tokoh masyarakat, ketua PKK tiap dukuh. Seperti biasa untuk mengawali setiap kegiatan agar berjalan lancar, diiringi dengan pembacaan ayat suci Al Quran.
Koordinator KKN PPM | Sdr Moh. Mugni

Selanjutnya, sambutan dari perwakilan mahasiswa yang disampaikan oleh Moh. Mugni bahwa tim KKN-PPM Unimus 2015 terdiri dari 18 mahasiswa putri dan 13 mahasiswa putra. Yang mana untuk mahasiswa putri bertempat tinggal di rumah Ibu Tatik, tak jauh dari sana terdapat kediaman ibu Tiwi yang dipilih sebagai tempat tinggal sementara oleh mahasiswa putra.

Dilanjutkan dengan sambutan dosen pembimbing (Bu Eni Wijayanti), beliau menyampaikan bahwa di setiap Perguruan Tinggi Muhammadiyah memiliki pedoman Catur Dharma (penelitian, pengabdian, pendidikan, lsik). Bentuk dari perwujudan pengabdian, terealisasikan lewat kegiatan KKN. Didalam sambutannya, beliau sekaligus menyerahkan dan meminta ijin atas kehadiran dari tim KKN-PPM, untuk berkegiatan dan berkecimpung dengan masyarakat desa Selopuro selama kurang lebih 23 hari didesa Selopuro.

Bapak Sunarno sebagai kepala desa Selopuro membuka pintu kesempatan untuk tim KKN-PPM yang berniat tulus membantu dan mengembangkan desa Selopuro melalui proses pembelajaran  bersama dan pengembangan skill untuk kemajuan desa. Selain itu, beliau terlihat antusias dan sangat senang melihat program-program yang kami canangkan.
Antusias Warga Desa Selopuro Menyambut peserta KKN PPM UNIMUS
Pembukaan KKN PPM di Kelurahan Desa Selopuro, Lasem
Secara keseluruhan baik dari tim KKN-PPM dan seluruh warga desa Selopuro diharapkan bisa kerjasama dalam pelaksanaan setiap program dan yang nantinya bermanfaat bagi segala pihak yang terkait.

Setelah selesai acara pembukaan sore hari tim KKN-PPM yang sudah dibagi menjadi 6 kelompok berkunjung ke 5 dukuh yang sudah ditetapkan untuk bersilahturahmi dengan kepala dukuh setempat dan ketua RT/RW serta mencari informasi tentang tradisi warga, batas wilayah dukuh, dan menginformasikan kegiatan KKN-PPM selama 23 hari di Desa Selopuro.(6/8/2015)

Penulis : Kemala Setya Rini

0 Response to "Hari 2 : Pembukaan KKN-PPM 2015 di Desa Selopuro"

Posting Komentar