SEMANGATTTT!!! IBU PKK TOPAR SIAP IKUTI LOMBA OLAHAN ANEKA PRODUK KAWIS & LABU KUNING

Selopuro, 23-24 Agustus 2015 semua mahasiswa KKN PPM UNIMUS memulai kegiatan pendampingan pembuatan berbagai produk kawis dan labu kuning di masing-masing Dukuh sesuai kelompok. Di kelompok 4 sendiri yang bertugas untuk mendampingi warga Dukuh Topar mencoba mengumpulkan ibu-ibu PKK setempat dengan menghubungi ketua PKK Dukuh Topar yaitu Ibu Yanti. Dengan adanya pendampingan ini diharapkan mahasiswa mampu menyampaikan kepada ibu-ibu apa yang telah didapat ketika pembekalan pembuatan produk namun mahasiswa dilarang keras untuk mencampuri atau membantu secara langsung proses pemasakan sehingga produk yang dihasilkan merupakan produk yang benar-benar murni berasal dari jeri payah warga sendiri.
Ibu-ibu Dukuh Topar mempersiapkan alat memasak

Di Kedukuhan Topar pembuatan produk kawis bertempat di rumah Bapak Kepala Desa Selopuro yaitu Bapak Sunarno yang kebetulan merupakan warga Dukuh Topar. Di hari pertama kegiatan dimulai pada pukul 14.00 WIB namun sedikit mengalami kemoloran waktu karena ibu-ibu yang lain baru hadir sekitar pukul 14.30 WIB.  Setelah diberi sedikit pengarahan dari Nanda terkait teknis lomba, penilaian, yel-yel, higien sanitasi dan produk yang dibuat hari ini, setelah dibagi menjadi 2 tim yaitu tim apel dan terong ibu-ibu langsung dipersilahkan untuk memulai pengolahan. Di hari pertama produk yang dibuat antara lain : selai labu, dodol labu, saos, dan sambal.
Ibu-ibu saat akan mulai mengolah bahan

Di hari kedua tidak berbeda jauh dari hari pertama hanya jenis produk yang diproduksi yang berbeda yaitu dodol kawis, selai kawis, minuman ringan, dan sirup kawis. Selain itu di hari kedua inilah difokuskan untuk  proses pengemasan baik produk yang dibuat hari ini atau kemarin. Dari semua produk yang dibuat menurut penilaian kami sebagai mahasiswa pendamping sebagian besar produk sudah baik secara organoleptik maupun pengemasan sehingga ibu-ibu sangat optimis bahwa dapat memenangkan perlombaan kali ini.
Pak Kades, Bu Kades, Mahasiswa, dan aneka produk kawis/labu kuning

APEL & TERONG YUHUUUUUU!!!

0 Response to "SEMANGATTTT!!! IBU PKK TOPAR SIAP IKUTI LOMBA OLAHAN ANEKA PRODUK KAWIS & LABU KUNING"

Posting Komentar