Pembekalan ketiga : Asyiknya praktik membuat aneka produk olahan makanan dari kawista dan labu kuning

Semarang - Masuk hitungan ketiga kegiatan pembekalan KKN-PPM Unimus. Agenda selanjutnya seperti yang sudah direncanakan pada hari kamis, 09 Juli 2015 akan diadakan pelatihan membuat produk olahan makanan dari SDA yang tersedia ditempat KKN-PPM 2015, di desa Selopuro, yakni kawista dan labu kuning. Bertempat di laboratorium teknologi pangan UNIMUS, setiap kelompok sudah dibagi untuk setiap jenis makanan yang akan dibuat. Secara keseluruhan produk makanan yang dihasilkan adalah berasal dari buah kawista dan labu kuning.

Sumber : www.tipswarta.blogspot.com

Alasan disediakannya labu kuning, karena disekitar desa Selopuro terdapat labu kuning yang melimpah dan mudah didapat. Selain itu, sebagai bahan alternatif ketika buah kawista disana berkurang karena sudah hampir habis masa musim buah kawista.




Ada beberapa tahap yang kami lakukan. Pertama yang harus kami lakukan adalah menaati prosedur serta aturan praktikum di laboratorium teknologi pangan Unimus yang harus dilakukan oleh para peserta KKN-PPM 2015, yaitu memakai celemek dan mencuci tangan sebelum terjun ke area praktikum. Kedua, melihat job list setiap kelompok yang sudah terpampang pada whiteboard dan mempersiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan.

Kelompok 1 membuat dodol kawis,
Kelompok 2 membuat sirup kawis,
Kelompok 3 membuat selai kawis,
Kelompok 4 membuat minuman ringan dan selai labu kuning,
Kelompok 5 membuat dodol labu kuning,
kelompok 6 membuat saos dan  sambal labu kuning.

Alat dan bahan yang dibutuhkan
Ketiga, masing-masing kelompok langsung membuat produk makanan sesuai dengan tugas dan resep yang sudah tersedia.

Kami begitu antusias dalam percobaan pertama mengolah buah kawis dan labu. Meskipun basic kami dari jurusan yang beragam, kami juga cukup jago dalam hal masak memasak. Hasilnya juga tergolong lumayan untuk para pemula. 

Produk makanan siap makan
 
Penulis : Bima Bayu - Jurusan Teknologi Pangan | Kelompok 4

0 Response to "Pembekalan ketiga : Asyiknya praktik membuat aneka produk olahan makanan dari kawista dan labu kuning"

Posting Komentar